Entri Populer

Kamis, 13 Januari 2011

MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA ILMU NAHU KARENA BEBERAPA FACTOR

1. Karena adanya ujaran yang tidak benar
Perhatian yang sangat besar untuk melakukan modifikasi bahasa arab menjadi alat komunikasi yang efektif. Perluasan daerah kekuasaan islam yang amat cepat telah menyebabkan banyaknya orang-orang non Arab yang masuk islam, sehingga mengakibatkan terjadinya suatu proses arabisasi yang besar-besaran. Hal ini menimbulkan dan mengakibatkan perkembangan bahasa yang tak diperkirakan sebelumnya. Bahasa Arab yang masih dalam keadaan sederhana, tiba-tiba berada jauh diluar semenanjung Arabia.. Bahkan bahasa Arab telah menjadi bahasa yang dapat memenuhi alat komunikasi antar kabilah. Tetapi hal itu tidak demikian halnya, ketika bahasa Arab menjadi bahasa untuk sedemikian banyaknya negeri asing, sejak awal situasi ini telah menimbulkan masalah kebahasaan yang sangat pelik tidak hanya bagi orang arab sendiri, tetapi juga bagi orang-orang asing yang baru masuk islam. Dari persoalan tersebut muncul ujaran dalam bahasa Arab yang tidak benar, tidak fasih yang dinamakan (lahn) yang keluar dari kemurnian bahasa Arab Padahal bahasa Arab senantiasa menekankan keserasian, kesempurnaan seperti apa yang dicontohkan oleh struktur Al-Quran, dialek Quraisy dan puisi-puisa lama tanpa ada pengaruh asing.
2. Munculnya perbedaan Bacaan Al-Qur’an
3. Pada masa Khalifah Abu Bakr terjadi kemurtadan yang menyebabkan timbulnya perang Ridda, akibat perang ini banyak sekali penghafal Al-Quran yang gugur, lalu atas inisiatif Umar Bin Khattab AlQur’an mulai ditulis dan dikumpulkan. Pada masa Ustman bin Affan, perhatian terhadap Al –Quran semakin besar terbukti banyaknya pembaca Al-Qur’an dan mereka saling menganggap benar hafalannya,sehingga mereka mengatakan bacaan saya lebih utama/benar daripada bacaan kamu. Keadaan ini membuat Ustman merasa khawatir akan kemurnian Al-Qur’an karena perbedaan tersebut. Kemudian Ustman menjadikan Al-Quran yang ada sekarang merupakan karya besar dimasa pemerintahannya.
1. Keinginan memahami Al-Qur’an
Dokumen yang paling baik dan terpercaya tentang keadaan AlQur’an yang berisi ajaran Islam. Penyebaran dan perkembangan islam menyebabkanAl-Quran menjadi kitab yang paling sempurna dan paling dimuliakan, Al-Qur’an telah membawa seperangkat nilai-nilai baru,ungkapan-ungkapan baru dan konsep-konsep tentang kehidupan yang belum ada sebelumnya. Dan AlQuran telah memberikan cakupan dan wawasan dalam akidah ritual, hokum politik dan sebagainya. Dari fenomena ini semua kaum muslimin mempunyai ambisi yang luar biasa keinginan memahami Al-Qur’an.
1. Kesadaran muncul dari kalangan orang Arab
Kesadaran yang muncul dari orang-orang arab ini bahwa mereka menyadari peran bahasa Arab yang sangat luar biasa dalam berbagai sarana dan juga bahasa Arab merupakan mukjat Al-Quran dari aspek kebahasaannya. Dari keutamaan itulah bangsa arab berupaya agar bahasa Arab selalu exis dalam menghadapi berbagai kemajuan zaman.

1 komentar: